Image Hosted by UploadHouse.com

Tuesday, January 4, 2011

Obat Tradisional dan Pengobatan Herbal


Obat Tradisional dan Pengobatan Herbal
Variasi dan jenis obat-obatan modern semakin banyak, dan uji laboratorium untuk menemukan jenis obat baru semakin gencar dilakukan seiring dengan banyaknya jenis penyakit yang bermunculan.



Pemerintah dan perusahaan farmasi bersinergy untuk melakukan penelitian dalam rangka menemukan obat baru yang minim efek samping. Pengobatan menggunakan obat pabrikan yang terbuat dari bermacam komposisi, biasanya mengandung bahan kimia, walaupun telah ditentukan ambang batas aman untuk dikonsumsi, bagi masyarakat awam lebih memilih atau mulai melirik obat tradisional.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dan pemahaman akan efek samping pengobatan secara modern, masyarakat mulai menggali naskah-naskah pengobatan tradisional yang sementara ini belum ada laporan atau uji klinis yang menyatakan obat tradisional menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Secara umum penggunaan obat tradisional sering disebut dengan pngobatan herbal, yaitu obat yang terdiri dari bahan-bahan alami dari tumbuhan. Dari sekian banyak tanaman herbal yang tersebar diseluruh dunia, diantaranya tanaman alang-alang.

Tanaman Herbal alang-alang

Sudah banyak dilakukan penelitian terhadap tanaman herbal ini, seperti telah diulas oleh herbalis Profesor Hembing. Dari sekian banyak fungsi alang-alang diantaranya :

Mengobati batu ginjal
Infeksi saluran kencing
Infeksi ginjal
Buang air kecil tidak lancar
Keputihan pada wanita
Asma
Demam
Campak
Urat syaraf melemah, dll.

Sebenarnya pengunaan tanaman alang-alang ini sudah dilakukan oleh nenek moyang sejak dahulu, namun karena belum adanya informasi yang meluas sehingga masyarakat belum mengetahui khasiat tanaman ini.

Tanaman alang-alang mudah ditemukan desekitar kita, tanaman ini mudah tumbuh dilahan pekarangan rumah, lahan kosong, pinggiran sawah dan ladang. Alang-alang sering dianggap sebagai semak pengganggu karena sangat mudah tumbuh dan berkembang dimana saja yang terlihat seperti rumput liar atau semak belukar.

Resap Dari Tanaman Alang-alang

Salah satu resep pengobatan dari alang-alang yaitu untuk melancarkan kencing tidak lancar, ambilah 7-9 batang termasuk akarnya, bersihkan. Lalu rebus dengan air sekitar 5 gelas sampai mendidih dan menjadi 1 gelas, minum hangat-hangat. Lakukan beberapa hari, pagi dan malam hari. Karena sifat alang-alang sejuk dan manis, ini menurut pengobatan tradisional China sehingga efeknya memasuki meridian paru-paru, lambung, dan usus kecil. Karena sifat diuretik ini yang melancarkan air kencing, sehingga pada akhirnya bisa menyembuhkan penyakit radang ginjal akut. Dan masih banyak lagi khasiat dari tanaman ini.

Satu hal lagi bahwa tanaman ini diluar negeri sudah dilakukan penelitian secara ilmiah dan sudah dibuat obat paten, seperti dalam buku Dr. Setiawan Dalimartha, Ramuan Tradisional untuk Pengobatan Hepatitis.

(Pang Budito – dari berbagai sumber)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More